Kembali Bikin Ulah, Abu Janda Sebarkan Video Hoaks Anies Baswedan tentang ACT

kembali bikin ulah

TajukPolitik – Abu Janda kembali bikin ulah. Buzzer yang satu ini mengungah sebuah video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diduga diedit tidak sesuai dengan isi sebenarnya beredar di media sosial.

Video tersebut menunjukkan saat Anies menjadi pembicara di salah satu agenda Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Video editan ini diunggah Abu Janda di akun Instagram miliknya, @permadiaktivis2, Rabu (6/7/2022).

Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Tatak Ujiyati, menanggapi apa yang dilakukan oleh Abu Janda. Tatak menegaskan bahwa video tersebut hoaks.

“Sudah ada penelusuran, ini hoaks,” tegas Tatak saat dihubungi, Kamis (7/7/2022).

Tatak menjelaskan pernyataan Anies dalam video yang diunggah oleh Abu Janda berbeda dari aslinya.

“Ternyata itu video editan. Apa yang dikatakan Anies sebenarnya sangat berbeda dengan penyataan dalam video yang diposting Abu Janda,” ujarnya.

Dalam video yang diunggah Abu Janda, Anies bicara mengenai ACT. Dalam video tersebut, Anies mengatakan bahwa “ACT menciptakan suatu sistem di mana mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berlebih”.

Masih dalam video itu, Anies mengatakan bahwa “sistem tersebut sangat menarik dan inovasi mendapatkan profit”.

Cuplikan video yang diedit itu diduga diambil dari video yang tayang di kanal Youtube ACT pada 2 Mei 2020. Dalam video yang diunggah ACT, narasinya tidak seperti yang diunggah Abu Janda. Sambutan Anies dalam acara itu juga ditayangkan secara utuh.

Pernyataan Anies dalam video tersebut yakni:

“Karena itu saya menyampaikan apresiasi bahwa ACT langsung bertindak tanggap menciptakan suatu sistem di mana mereka yang berpunya memberikan kepada mereka yang kekurangan, mereka yang berlebih memberikan kepada mereka yang membutuhkan. Sistem ini merupakan suatu pendekatan yang amat menarik, karena bukan lewat negara, tapi lewat antarmasyarakat,”.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!