Selasa, 18 Juni, 2024

Jokowi Ajak Masyarakat Sultra Berdoa Bersama agar Bantuan Beras Diperpanjang hingga Desember 2024

Tajukpolitik – Presiden Joko Widodo mengunjungi Kompleks Pergudangan Bulog Laende di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan pesan penting: mengajak masyarakat untuk berdoa bersama agar bantuan pangan berupa beras 10 kilogram dapat diteruskan hingga Desember 2024.

Bantuan ini, yang semula direncanakan hanya hingga Juni 2024, menjadi harapan bagi banyak keluarga di Indonesia.

Dalam pernyataannya, Jokowi menegaskan bahwa kelangsungan bantuan beras ini tergantung pada ketersediaan anggaran dalam APBN.

“Jadi (beras) yang 10 kilo ini akan diteruskan sampai Juni, akan kita lihat kalau nanti APBN itu ada ruang anggarannya, kami teruskan sampai Desember. Kita berdoa bersama ya supaya bisa terus sampai Desember,” ujarnya.

Keputusan untuk memberikan bantuan pangan ini diambil sebagai respons terhadap kenaikan harga pangan secara global, termasuk beras.

Meskipun demikian, Jokowi menyatakan bahwa kenaikan harga beras di Indonesia masih tergolong rendah, berbeda dengan negara-negara lain yang mengalami lonjakan signifikan.

Meski demikian, tantangan masih ada. Jokowi mengakui bahwa ketersediaan beras di Indonesia masih kurang, sehingga negara harus mengimpor dari beberapa negara seperti Vietnam, Pakistan, Thailand, dan Kamboja.

“Karena penduduk kita ini sekarang 280 juta, 280 juta orang. Semuanya pengin. Nah, itu. Tidak mudah,” ungkapnya.

Menjaga harga beras tetap stabil juga merupakan tugas yang tidak mudah bagi pemerintah. Tingginya harga akan membuat petani senang, tetapi masyarakat akan merasa terbebani. Sebaliknya, jika harga turun, petani akan mengalami kesulitan.

“Jadi pemerintah nih kadang-kadang berada pada posisi yang tidak mudah untuk menjaga keseimbangan agar masyarakat senang, tetapi petani juga senang,” jelas Jokowi.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi didampingi sejumlah menteri dan pejabat, menunjukkan komitmen pemerintah dalam menangani persoalan ketersediaan pangan di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi.

Harapannya, dengan doa bersama dan upaya bersama-sama, bantuan pangan ini dapat terus memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!