Hasil Penggeledahan Rumah Dinas Mentan, KPK Temukan Uang Tunai Puluhan Miliar

Petugas KPK saat geledah rumah dinas Mentan

Tajukpolitik РKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama hampir 24 jam baru selesai melakukan penggeledahan rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, pada Kamis (28/9).

Dari hasil penggeledahan rumah dinas di Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan tersebut, tim penyidik menemukan uang tunai bernilai puluhan miliar.

“Sejauh ini (jumlah uang) puluhan miliar, yang kemudian ditemukan dalam proses penggeledahan dimaksud,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

Ali belum menjelaskan lebih rinci soal jumlah uang yang ditemukan di rumah dinas Mentan Syahrul. Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun, duit tunai itu dalam pecahan rupiah, dolar Amerika Serikat, dan dolar Singapura.

Selain uang tunai, KPK juga menemukan berbagai dokumen, seperti catatan keuangan, serta bukti pembelian aset bernilai ekonomis dan barang elektronik yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Ali menyebut, seluruh temuan itu selanjutnya bakal dianalisis oleh tim penyidik.

“Setelah kemudian kami kumpulkan semuanya kami akan konfirmasi kepada para saksi dengan cara memanggil mereka untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK dan dilakukan pemeriksaan,” kata Ali.

KPK telah menaikkan pengusutan dugaan rasuah jual beli jabatan yang disertai pemaksaan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) ketahap penyidikan pada September 2023. Keputusan ini diambil setelah KPK mengantongi bukti awal yang cukup.

Adapun, kasus ini berawal dari adanya laporan masyarakat. KPK kemudian menindaklanjuti aduan itu dan melakukan penyelidikan sejak Januari 2023.

Sejumlah pihak pun telah dimintai keterangan mengenai kasus tersebut. Salah satunya, yakni Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Dia diperiksa pada Senin (19/6/2023). Namun, KPK belum membeberkan konstruksi perkara maupun identitas tersangka yang ditetapkan pada dugaan korupsi ini.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!