Hanya Anies dan AHY Tokoh Miliki Elektabilitas Tinggi Berpeluang Jadi Pasangan

TajukPolitik – Sejauh ini sudah mulai terlihat siapa saja tokoh-tokoh politik yang punya elektabilitas tinggi untuk manggung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Namun, hanya Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dari 5 tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi, yang dinilai punya peluang besar berpasangan pada 2024.

Seperti disampaikan peneliti senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata, saat ini sudah ada lima tokoh dengan elektabilitas tinggi sebagai calon presiden (capres). Yakni Ketua Umum Partai Demokrat AHY, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Dari kelima nama-nama di atas, peluang besar terjadi perkawinan pasangan adalah Anis Baswedan dan AHY,” ujar Dian seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (8/8).

Sedangkan tokoh lainnya, lanjut akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini, belum memberi kesan bakal cocok saat disandingkan dengan kandidat lainnya. Seperti Prabowo Subianto yang kerap disandingkan dengan dua tokoh asal PDI Perjuangan.

“Sedangkan Prabowo Subianto kerap disandingkan dengan Puan Maharani atau Ganjar Pranowo,” pungkas Dian.

Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi menilai, AHY lebih mumpuni untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) dalam kontestasi elektoral 2024.

“Sangat masuk akal jika AHY memang harus bersabar dengan menjadi ‘kopilot’ dulu bersama Anies Baswedan jika memang jadi disorongkan Nasdem bersama Demokrat dan PKS,” kata Ari, Rabu (3/8/2022).

Menurut dia, AHY masih harus banyak menimba pengalaman sebelum akhirnya maju sebagai capres.

Sebab, kata Ari, anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu belum pernah memegang jabatan publik.

“Kekurangan AHY adalah minimnya dia di pemerintahan,” kata dia.

Namun, di satu sisi, figur AHY memang layak bersaing dalam pentas politik nasional.

Latar belakangnya sebagai mantan prajurit dan penerus trah Yudhoyono yang pernah menjadi pemenang dua kali pemilihan presiden (Pilpres) adalah modal penting.

“Serta jaringan Partai Demokrat yang besar sudah lebih dari cukup untuk menjadi aset politik yang dimiliki AHY,” ujar dia.

Apalagi, Ari mengatakan, elektabilitas Partai Demokrat dan AHY cukup baik belakangan ini.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!