Ditengah Hutang Menggunung, Jokowi Masih Ngotot Pembangunan IKN Dimulai

TajukPolitik- Ditengah hutang yang menggunung, ternyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih ngotot agar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dimulai.

Jokowi memerintahkan para anak buahnya untuk segera mempersiapkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono. Ia berkata Jokowi ingin pembangunan dan pemindahan IKN dilakukan sesuai jadwal.

“Bapak Presiden menyampaikan arahan untuk sesegera mungkin untuk mempersiapkan ini semua sehingga nantinya kita akan bisa tetap menjaga target-target on the track yang direncanakan pada tahun 2024,” kata Bambang di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Bambang menyampaikan pembangunan infrastruktur secara penuh di kawasan inti IKN Nusantara akan dimulai tahun depan. Pemerintah akan mematangkan persiapan pembangunan mulai bulan depan.

Pada saat yang sama, pemerintah akan menggelar jajak pasar atau market sounding. Pemerintah akan menawarkan peluang-peluang investasi di kawasan inti IKN Nusantara.

“Di kawasan inti pusat pemerintahan itu nanti ada beberapa titik di mana kita akan membangun misalnya fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, kemudian fasilitas untuk kehidupan sehari-hari di mana kita bisa ke tempat toko-toko,” ucapnya.

Bambang berkata pihaknya pun mulai menggandeng masyarakat lokal. Warga di lokasi pembangunan IKN Nusantara mendapatkan sejumlah pelatihan, mulai dari konstruksi hingga keterampilan berwirausaha.

“Nanti mereka bisa direkrut oleh siapa pun yang membangun IKN dan kemudian yang nonkonstruksi itu akan berhubungan dengan kegiatan sehari-hari,” tuturnya.

Pemindahan ibu kota negara telah diresmikan melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022. Pemerintah akan memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Pemindahan dilakukan secara bertahap pada 2022-2045. Tahap pertama ditargetkan rampung pada 2024 dengan memindahkan istana kepresidenan dan sejumlah kantor kementerian.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!