Didukung Gerindra, Pengamat Yakin RK Kompetitor Kuat Bagi Anies Jika Maju Pilgub Jakarta

Ridwan Kamil Kompetitor kuat bagi Anies Baswedan

Tajukpolitik – Pengamat komunikasi politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Adi Wibowo, menyatakan bahwa Ridwan Kamil (RK) adalah kompetitor kuat bagi Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024. Pendapat ini muncul setelah Partai Gerindra merekomendasikan Ridwan Kamil untuk ikut dalam kontestasi DKI 1.

“Jika Gerindra mendukung Ridwan Kamil, peluangnya di Jakarta sangat besar. Kompetitornya jelas adalah Anies Baswedan sebagai mantan Gubernur DKI,” kata Kunto, Selasa (4/6).

Kunto menjelaskan bahwa peluang Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, cukup besar karena popularitas dan basis pendukungnya yang kuat di kalangan generasi muda.

Selain itu, rekam jejak Ridwan yang banyak melakukan pembangunan di Bandung dan Jawa Barat, seperti ruang terbuka hijau, menjadi daya tarik tersendiri bagi konstituen Pilkada Jakarta.

Lebih lanjut, Kunto menilai langkah Gerindra merekomendasikan Ridwan Kamil sebagai pilihan realistis dibandingkan dengan mengusung kader lain seperti Budisatrio Djiwandono atau Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

“Pak Ridwan Kamil memiliki popularitas dan elektabilitas yang mungkin lebih tinggi daripada dua calon lainnya yang merupakan keponakan Pak Prabowo (Subianto),” jelas Kunto.

Sebelumnya, Partai Gerindra memberikan rekomendasi kepada Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Rekomendasi ini disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (4/6).

“Gerindra telah memutuskan dan memberikan rekomendasi kepada Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) untuk maju di Pilkada DKI (Jakarta 2024),” ujar Dasco.

Meski demikian, Dasco tidak menjelaskan secara detail apakah Ridwan Kamil direkomendasikan sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

Namun, ia menyatakan bahwa Gerindra ingin Ridwan Kamil berpasangan dengan kader internal partai berlambang kepala burung Garuda tersebut.

Dengan popularitas dan rekam jejaknya, Ridwan Kamil diharapkan dapat menarik perhatian konstituen di Jakarta dan memberikan persaingan ketat bagi Anies Baswedan.

Pilkada Jakarta 2024 diprediksi akan menjadi ajang yang menarik dengan hadirnya dua sosok kuat ini.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!