Minggu, 23 Juni, 2024

Demokrat Nilai Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Gaza, Rizki Natakusumah: Tinggal Tunggu Lampu Hijau PBB

TajukPolitik – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, mengatakan siap mengirimkan pasukan perdamaian ke wilayah Gaza, Palestina. Partai Demokrat (PD) menilai RI sudah siap secara personel maupun hal lainnya.

“Kami rasa sudah siap, tinggal menunggu lampu hijau dari PBB,” ucap anggota Komisi I DPR RI dari Partai Demokrat, Rizki Natakusumah, Senin (3/6).

Rizki mengatakan sudah saatnya pemimpin dunia untuk menyerukan upaya untuk gencatan senjata dan perdamaian di Palestina. Rizki pun mengapresiasi pernyataan dari Prabowo yang merupakan presiden terpilih itu.

“Sudah saatnya pemimpin dunia menyerukan upaya nyata kontribusi gencatan senjata dan perdamaian di Palestina. Kami mengapresiasi pernyataan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto, untuk membawa negara ini turut serta meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Dia berharap, sikap dari Indonesia dan negara lain untuk ciptakan perdamaian di Palestina, bisa memberikan dampak yang positif. Sehingga, aksi genosida oleh Israel bisa segera terhenti.

“Kami harap niatan baik tersebut menciptakan gelombang aksi yang mampu menggiring Israel untuk tunduk kepada aspirasi dunia internasional, menghentikan genosida terhadap warga sipil Palestina,” katanya.

Baca juga:
PAN Dukung Langkah Prabowo Kirim Pasukan Perdamaian ke Gaza
“Kami juga menilai bahwa upaya Indonesia untuk turut serta terlibat dalam upaya multilateral di bawah bendera PBB merupakan aksi yang bijak. Pendekatan kolektif merupakan aksi yang tepat untuk menunjukkan bahwa sekarang ini dunia sudah tergugah untuk menghentikan kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina,” ujarnya.

Bagi Rizki, sikap Indonesia merupakan bagian dari gelombang dukungan Internasional. Bahkan, dukungan pun telah disampaikan oleh beberapa negara Eropa.

“Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gelombang dukungan internasional, sebagaimana yang ditunjukkan oleh pemimpin-pemimpin dunia Barat, untuk menyerukan perdamaian di wilayah Palestina,” ujarnya.
Prabowo menyatakan Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan bantuan ke Gaza dan jika diperlukan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian. Dia mengatakan juga siap mengirimkan tenaga medis untuk mengevakuasi warga Palestina.

“Kami telah bersiap untuk melakukan apa pun yang kami bisa untuk memberikan bantuan kemanusiaan sebagaimana diperlukan dan ketika diminta oleh PBB kami siap untuk menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang signifikan untuk mempertahankan dan memantau upaya gencatan senjata ini serta memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua orang,” kata Prabowo, dalam forum IISS di Hotel Shangri-La, Singapura, Sabtu (1/6).

“Kami juga siap segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak. Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka dan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia. Kami bersedia mengevakuasi hingga 1.000 pasien dalam waktu dekat jika situasi memungkinkan,” lanjut Prabowo.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!