Selasa, 18 Juni, 2024

Ciptakan Libur Nataru yang Aman, Demokrat Desak Kemenhub Audit Moda Transportasi

Tajukpolitik – Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Irwan, minta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera audit moda transportasi menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal itu ia sampaikan sebagai reaksi atas adanya kecelakaan bus PO Handoyo di Tol Cipali KM 73 yang menyebabkan 12 penumpang meninggal.

“Saya harap Kemenhub khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, untuk segera lakukan audit bagi moda transportasi darat, khususnya bus,” kata Irwan, di Jakarta, baru-baru ini seperti dirilis dpr.go.id, Minggu (17/12).

Selain audit moda transportasi, Irwan juga menyarankan Kemenhub, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdar) melakukan ramp check terhadap semua moda transportasi.

Menurut Irwan, angkutan bus dinilai masih menjadi pilihan favorit masyarakat khususnya, di Jawa dan Sumatera. Maka dari itu para pengguna angkutan ini juga harus mendapatkan jaminan keselamatan, termasuk dari sisi kelaikan kendaraan.

Caleg Nomor Urut 1 Daerah Pemilihan Kalimantan Timur ini juga menegaskan, audit tersebut agar tercipta angkutan massal yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

“Tak hanya bus, Pemerintah wajib menjamin juga moda transportasi lainnya yang aman dan nyaman. Di mana sudah memasuki libur panjang Nataru,” tegas Irwan.

Lebih lanjut, Irwan selaku wakil rakyat, berharap ke depannya tidak ada lagi peristiwa kecelakaan moda transportasi yang menyebabkan kehilangan nyawa masyarakat.

“Kami (DPR) akan terus menanyakan hal tersebut ke Kemenhub agar ke depan tak terjadi kecelakaan menonjol,” pungkas Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 12 orang tewas dan 9 lainnya terluka, setelah bus PO Handoyo jurusan Yogyakarta-Bogor, terguling di Km 73 Tol Cipali, Purwakarta, Jabar, Jumat (15/12) pukul 15.50 WIB.

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Dadang Supriadi menjelaskan, saat tiba di lokasi, bus pengangkut 18 penumpang dan 3 kru ini, melintas dengan kecepatan tinggi dan akhirnya hilang kendali hingga menabrak pembatas jalan.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!