Minggu, 23 Juni, 2024

Basuki Hadimuljono Ditunjuk Sebagai Plt Kepala Otorita IKN, Irwan Fecho: Langkah yang Tepat

TajukPolitik – Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho menanggapi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi pelaksana tugas (Plt) kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Keputusan ini diumumkan bersamaan dengan terbitnya Surat Keputusan Presiden (keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dari jabatan kepala Otorita IKN dan juga Dhony Rahajoe sebagai wakil Kepala Otorita IKN.

Pemberhentian dengan hormat terhadap Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dilakukan setelah keduanya mengundurkan diri dari jabatan. Irwan mengatakan pemberhentian dengan hormat kepala dan wakil kepala otorita IKN hal biasa saja.

“Namanya mundur diri, ya, pasti akan diberhentikan dan akan dicari penggantinya,” kata Irwan dikonfirmasi, Senin (3/6).

Menurut Irwan, keputusan Presiden Jokowi menugaskan Menteri Basuki menjadi Plt kepala Otorita IKN juga sangat tepat. “Penugasan Pak Basuki menurut saya sangat tepat karena secara de facto memang yang dari sisi anggaran, perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan IKN di lapangan sejak awal itu, ya, sebagian besarnya ada di Kementerian PUPR,” tuturnya.

Irwan yang merupakan putra Kalimantan Timur (Kaltim) meyakini pengunduran diri Bambang dan Dony selaku pimpinan di Otorita IKN tidak akan mengganggu pekerjaan di lapangan. “Pastinya tidak akan ada yang stagnan apalagi berhenti terkait koordinasi dan juga progres pembangunan IKN ke depan. Termasuk persiapan dan pelaksanaan upacara kemerdekan RI 17 Agustus 2024 di IKN,” ujar ketua DPD Demokrat Kaltim itu.

Selain itu, Irwan juga terang-terangan mendukung Basuki Hadimuljono menjadi kepala Otorita IKN definitif setelah nanti tugas di Kementerian PUPR berakhir. “Namun, itu tentu hak prerogatif presiden, ya. Saya pikir Pak Basuki sangat kompeten di situ dan menjamin IKN bisa terus berlanjut sesuai perencanaan dan harapan kita semua,” tutur anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Partai Demokrat itu.

Sebagai masyarakat Kaltim, Irwan juga menyampaikan terima kasih kepada Bambang dan Dony atas pengabdian mereka selama ini di Otorita IKN. “Kami berterima kasih atas pengabdian yang luar biasa Pak Bambang dan Pak Dony selaku kepala dan wakil kepala Otorita IKN sehingga bisa progres seperti sekarang ini,” ujar Irwan Fecho.

Langkah Jokowi dalam menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Plt kepala Otorita IKN disambut positif oleh banyak pihak. Penunjukan ini dianggap sebagai keputusan strategis mengingat Basuki sudah lama berperan dalam proyek pembangunan IKN.

Dengan pengalaman dan keterlibatan langsung dalam berbagai aspek proyek, diharapkan Basuki dapat membawa kesinambungan dalam berbagai program yang telah berjalan.

Sementara itu, proses transisi di Otorita IKN diharapkan berjalan mulus dengan adanya kepemimpinan baru. Keberlanjutan proyek-proyek besar seperti pembangunan infrastruktur dan perencanaan kota diharapkan tetap berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Masyarakat Kaltim, khususnya, berharap agar perubahan kepemimpinan ini dapat mempercepat progres pembangunan dan mewujudkan visi pemerintah untuk Ibu Kota Nusantara.

Dengan demikian, penunjukan Basuki Hadimuljono sebagai Plt kepala OIKN tidak hanya membawa harapan baru bagi kelanjutan proyek, tetapi juga menegaskan komitmen pemerintah dalam mewujudkan ibu kota baru yang modern dan berkelanjutan.

Ke depan, banyak pihak berharap agar sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus terjaga demi kesuksesan pembangunan IKN.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!