Bantu Korban Perang, Presiden Jokowi Instruksikan Prabowo Kirim Bantuan ke Gaza

Kondisi di Jalur Gaza

Tajukpolitik – Presiden Joko Widodo (Jokowi), memberikan instruksi kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengirimkan bantuan ke Gaza, Palestina.

Instruksi ini diungkapkan oleh Prabowo setelah bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 6 Juni 2024. Pertemuan tersebut juga membahas laporan hasil kunjungan kerja Prabowo ke Singapura.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Prabowo mengatakan bahwa Presiden sangat mendukung pengiriman bantuan ke Gaza.

“Dalam beberapa hal, terkait masalah Gaza, saya melapor ke Presiden dan Presiden sangat mendukung, memberikan instruksi kepada saya untuk mengirim rumah sakit dan tenaga kesehatan,” ujar Prabowo.

Presiden terpilih Pilpres 2024 ini juga menegaskan bahwa Indonesia akan bekerja sama dengan negara-negara mitra, terutama negara-negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab yang sudah memiliki rumah sakit di Gaza.

“Selain itu, Presiden menugaskan saya untuk menghadiri KTT di Yordania yang membahas masalah Gaza. Beliau juga menginstruksikan saya untuk mampir ke Arab Saudi,” tambah Prabowo.

Instruksi Jokowi untuk memberikan bantuan ke Gaza datang seiring dengan serangan yang terus berlangsung dari pihak Israel.

Sebelumnya, militer Israel mengonfirmasi bahwa mereka sengaja mengebom sebuah sekolah milik Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) yang digunakan sebagai tempat penampungan ribuan pengungsi di Nuseirat. Serangan ini menewaskan banyak perempuan dan anak-anak.

Militer Israel mengklaim bahwa serangan tersebut ditujukan pada pejuang Hamas yang berlindung di gedung tersebut.

Namun, jet tempur Israel melakukan serangan ini setelah tengah malam, yang menyebabkan korban tewas sedang tertidur lelap.

Kantor media pemerintah Gaza mengeluarkan pernyataan setelah pengeboman tersebut, mencatat bahwa jumlah korban tewas sangat besar karena banyaknya warga Palestina yang terluka parah.

“Pendudukan Israel dan pemerintah AS bertanggung jawab penuh atas kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan terhadap warga Palestina di Gaza,” bunyi pernyataan tersebut.

Menurut laporan harian dari Kementerian Kesehatan di Gaza, jumlah warga Palestina yang tewas akibat perang yang berlangsung sejak 7 Oktober kini mencapai 36.586 orang, dengan 83.074 orang lainnya terluka.

Dengan langkah yang diambil oleh pemerintah Indonesia ini, diharapkan bantuan segera bisa sampai ke Gaza untuk membantu meringankan penderitaan warga yang terdampak konflik.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!