Antisipasi Penimbunan Jelang Kenaikan Harga BBM Subsidi, Polda Metro Terjunkan 613 Personel Jaga Sejumlah SPBU

TajukPolitik РAntisipasi penimbunan jelang pemerintah umumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Polda Metro Jaya menerjunkan 613 personel di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan antisipasi ini dilakukan di tengah kabar kenaikan BBM.

“Kita sudah petakan semua SPBU yang ada di wilayah hukum PMJ ini kurang lebih 613 SPBU. Kita sudah menempatkan personel kita untuk memantau agar di situ tidak ada penimbunan dan sebagainya,” kata Zulpan kepada wartawan, Jumat (2/9).

Namun, Zulpan tak menerangkan secara detail ihwal teknis pengamanan di ratusan SPBU tersebut. Termasuk, soal berapa personel yang ditempatkan di setiap SPBU.

“Kan Kasatwil baik itu Kapolsek atau Kapolres yang bisa memandangnya. Tentu tingkat kerawanannya berbeda,” ucap dia.

Zulpan memastikan bahwa situasi dan kondisi saat ini masih terpantau aman. “Sampai saat ini situasi aman terkendali,” ujarnya.

Menurut Zulpan, Polda Metro Jaya tak melarang masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya terkait kenaikan harga BBM lewat aksi demo. Namun, ia mengingatkan pada kelompok masyarakat yang ingin melakukan aksi unjuk rasa agar menyampaikan surat pemberitahuan lebih dulu sesuai dengan ketentuan.

“Ini sesuai dengan UU yang berlaku, terkait UU Penyampaian Berpendapat di Muka Umum, minimal tiga hari sebelum kegiatan,” ucap Zulpan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal kenaikan harga pertalite dan solar dalam waktu dekat. Kata dia, hitung-hitungan kenaikan harga BBM bersubsidi itu bakal disampaikan oleh sejumlah menterinya hari ini.

“Untuk (kenaikan harga) BBM-nya semuanya masih dikalkulasi, dan hari ini akan disampaikan kepada saya mengenai hitung-hitungan dan kalkulasinya,” ungkapnya di saat membagikan BLT BBM di Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, hari ini.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!