Minggu, 23 Juni, 2024

Legislator Demokrat Heran dengan Anggaran Sosialisasi Empat Pilar yang Bengkak Lebih dari Rp400 Miliar

TajukPolitik – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Santoso, merasa heran dengan anggaran Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang membengkak hingga lebih dari Rp400 miliar.

Keheranan itu disampaikan Santoso saat rapat dengar pendapat Komisi III dengan Plt. Sekjen MPR RI dan Sekjen DPD RI, di Senayan, Jakarta, Senin (10/6).

Dalam rapat tersebut, MPR menampilkan rincian pagu indikatif Tahun 2025 untuk pelaksanaan sosialisasi empat pilar MPR RI sebesar Rp406.917.764.000, kemudian ada usulan tambahan Rp85.145.141.000, sehingga total usulan pagu tahun 2025 untuk program tersebut mencapai Rp492.062.905.000.

“Soal sosialisasi empat pilar, dari Rp406,91 miliar, kalau tidak salah minta tambahan Rp80 miliar, kalau kita berhitung satu anggota itu dua kali sosialisasi, kita ambil paling banyak Rp150 juta atau 200 lah, kalau dikali 500, itu baru Rp100 miliar, itu Rp300 miliar itu buat apalagi?” kata Santoso.

Santoso pun meminta Pelaksana Tugas (Plt.) Sekjen MPR RI, Siti Fauziah, untuk menjelaskan secara rinci bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk apa saja.

“Jadi mohon disampaikan di ruang rapat ini, agar penggunaannya secara transparan dan akuntabel, bener-bener bisa dilakukan,” sambungnya.

Santoso mengibaratkan, setiap anggota membutuhkan anggaran sebesar Rp200 juta untuk menggelar kegiatan sosialisasi tersebut. Sementara saat ini MPR RI memiliki anggota sebanyak 711 orang, yang terdiri atas 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD.

Jika besaran angka itu yang dipakai, maka anggaran yang dibutuhkan sebenarnya hanya Rp100 miliar lebih. Oleh karena itu, Santoso menilai anggaran sosialisasi empat pilar yang dicantumkan Plt. Sekjen MPR RI dalam pemaparannya sangat luar biasa besarnya.

“Makanya kalau saya ambil Rp200 juta, dua kali misalnya, karena ada yang jauh naik pesawat dan akomodasi, baru Rp100 miliar, sementara disini sudah Rp400 miliar, ini luar biasa ini, kalau melihatnya secara sepintas, mudah-mudahan nanti dijelaskan,” tukasnya.

Santoso menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran negara, terutama untuk program sebesar ini. Dia berharap agar penjelasan dari Plt. Sekjen MPR RI dapat memberikan kejelasan mengenai alokasi dana tersebut dan memastikan bahwa setiap pengeluaran dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan demikian, Santoso berharap agar semua pihak yang terlibat dalam program sosialisasi empat pilar MPR RI dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab dan memastikan bahwa dana yang dianggarkan benar-benar digunakan untuk kepentingan sosialisasi yang efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!