Selasa, 18 Juni, 2024

Anggap Salaman AHY dan KSP Moeldoko Tak Indikasikan Hubungan Membaik, Pengamat: Moeldoko Sangat Sulit Dimaafkan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TajukPolitik – Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menganggap pertemuan disertai salaman antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebelum rapat kabinet di Istana Negara tidak mengindikasikan hubungan mereka membaik.

Menurutnya di dunia politik, pertemuan dan bersalaman sesama pihak yang bermusuhan merupakan hal biasa. Hal itu juga berlaku bagi AHY dan Moeldoko.

Menurut Jamiluddin, sesama politisi hal biasa saling bertemu dan tertawa lepas, namun perilaku demikian bukan gambaran hubungan membaik.

“Sikap dan perilaku seperti itu bisa saja hanya untuk konsumsi publik,” ujar Dosen Metodologi Penelitian Komunikasi Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Jamiluddin mengatakan, politisi yang matang, kerap menampilkan perilaku yang berbeda antara panggung depan dan panggung belakang.

“Di panggung depan seolah hubungan mereka harmonis, namun bisa saja di panggung belakang justru kebalikannya. Karena itu, jangan terkecoh hanya melihat politisi dari panggung depan saja,” kata Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini.

Mantan Sekjen Media Watch ini mengingatkan, salaman AHY dan Moeldoko bukan gambaran membaiknya hubungannya dengan Partai Demokrat.

“Tampaknya perlu waktu yang cukup untuk terbinanya hubungan baik antara Moeldoko dan Partai Demokrat. Sebab, masalah hubungan kedua belah pihak terkait masalah trust. Karena itu, perilaku Moeldoko sangat sulit dimaafkan begitu saja oleh SBY dan kader Demokrat lainnya,” pungkas Jamiluddin Ritonga.

Perbincangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Hadi Tjahjanto terhenti tatkala Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko datang menghampiri keduanya. Mula-mula Moeldoko menyalami Hadi Tjahjanto, yang baru dilantik menjadi Menko Polhukam. Selanjutnya Moeldoko bergeser menjabat tangan AHY, lalu keduanya menoleh ke arah kamera awak media dengan sengaja. Mereka menyunggingkan senyum dan melambaikan tangan.

Salaman antara AHY dan Moeldoko itu berlangsung tak lebih dari 12 detik. Peristiwa itu terjadi menjelang sidang kabinet paripurna yang digelar Presiden Jokowi pada Senin, 26 Februari 2024. Ini menjadi pertemuan perdana mereka setelah AHY dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!