TajukPolitik РKetua DPR RI yang juga Ketua Bidang Politik DPP PDIP diyakini akan diusung oleh PDIP sebagai capres 2024.

Puan dinilai sebagai contoh berhasil dari partai politik (parpol) dalam melakukan kaderisasi.

Hal ini dikatakan Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta), Dhanis TS Wahidin. Dia menyebut sikap PDIP sedang menjalankan contoh berpolitik yang baik.

“PDIP lakukan sikap yang tepat dengan kader internal diprioritaskan maju sebagai capres. Ini juga bukti Puan adalah produk kaderisasi partai yang berhasil,” tegasnya melalu keterangan tertulis, Sabtu (9/7/2022).

Tidak mungkin, kata dia, partai mengajukan calonnya tanpa pertimbangan dan proses yang matang. Ini jadi preseden baik jika PDIP menerapkan demokrasi yang sehat di partainya. Dimana mengutamakan kader internalnya untuk dimajukan sebagai capres di 2024. “Saya katakan godaan berpolitik praktis saat ini adalah pragmatisme. Banyak partai yang tak utamakan kader internalnya sendiri untuk dimajukan di pilpres 2024. PDIP justru tunjukkan hal sebaliknya dengan coba mengusung Puan,” kata dia.

Dengan sikap ini, kata dia, PDIP dianggap menjadi contoh bagaimana seharusnya politik praktis dijalankan. Mengutamakan kader sendiri ketimbang mengajukan calon dari luar partai.

“Partai politik lain harus mencontoh hal ini. Bahwa tidak selamanya politik praktis sifatnya pragmatis. PDIP tunjukkan ke kita arti berpolitik secara ideologis,” tegasnya.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini