Calon Pemilih

TajukPolitik – Sampai akhir Juni 2022, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) catat jumlah calon pemilih pada Pilpres 2024 sekitar 206 juta jiwa.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

“Kalau menggunakan data hari ini itu untuk Pilpres di bulan Februari itu sekitar 206 juta. Dan di Pilkada di November kurang lebih 210 juta,” ujar Zudan.

Meski demikian, Zudan memastikan bahwa data ini belum angka yang pasti. Sebab, data kependudukan bisa bergerak dan berubah terus menerus.

“Karena nanti ada yang pindah TNI-Polri, ada yang pensiun, ada dari luar negrri masuk ke dalam negeri, dari dalam negeri ke luar negeri, ada yang meninggal dunia,” jelasnya.

Ia menegaskan dinamikanya tinggi karena masih ada waktu dua tahunan lebih dari sekarang bulan Juni akhir sampai nanti di bulan Februari dan di bulan November.

“Jadi pergerakannya (calon pemilih) masih panjang, sehingga pergerakannya cukup besar,” tambahnya.

Zudan juga memastikan bahwa prediksi ini bisa dilihat pergerakannya setiap hari di dalam database kependudukan. Sehingga, hal itu bisa terpantau secara terus menerus.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini