Sabtu, 22 Juni, 2024

Starlink Hadir di Bali, AHY Siapkan Kepastian Hukum Lahan bagi Investor Global

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, kementeriannya akan siap memberikan kepastian hukum atas lahan kepada investor global dari negara manapun.

Salah satunya seperti untuk CEO SpaceX Elon Musk yang hadirkan Starlink di Indonesia.

Diketahui, CEO SpaceX Elon Musk resmi mengawali uji coba layanan internet Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod, Denpasar, Bali, pada Minggu, 19 Mei 2024. Dengan masuknya layanan ini, diharapkan Kementerian ATR/BPN pun ke depannya bakal mendukung kepastian investor global dari sisi lahan dan lain sebagainya.

“Jadi, kembali prinsip dasarnya kami senang kalau ada (investor asing). Jangankan Elon Musk, tokoh yang dikenal dan berpengaruh di dunia sebagai seorang entrepreneur, tapi juga seorang intelektual dan visioner yang punya jangkauan begitu luas. Siapa pun di Indonesia, mau negara mana pun yang ingin menanamkan modalnya melalui investasi di Indonesia, tentu kami terima dengan baik,” ujar AHY saat ditemui wartawan di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Bali, Senin, 20 Mei.

“Kami ingin memberikan kepastian hukum, termasuk terkait dengan lahannya,” sambungnya. Dalam memberikan kepastian atas lahan kepada investor, kata AHY, pihaknya berkomitmen terus membenahi administrasi serta perizinan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

Menteri KKP Trenggono Berharap Elon Musk Beri Akses Internet yang Terjangkau ke Nelayan

“Ini seringkali dipertanyakan dan juga kalau ada yang tidak baik menjadi komplain. Mengapa berbelit-belit, mengapa tidak jelas. Nah, kami tidak ingin itu terjadi, maka kami benahi administrasi. Termasuk perizinan, yang penting semuanya bisa memenuhi segala standar sesuai dengan undang-undang kami dan aturan yang berlaku,” tuturnya.

Dengan demikian, kalau hal itu memang hadir termasuk contohnya dalam kepentingan telekomunikasi, diharapkan Indonesia juga harus mendapatkan keuntungan yang baik. “Indonesia tidak boleh hanya mendapatkan atau menjadi tempat saja, tetapi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, kembali untuk pertumbuhan ekonomi dan rakyat kami sendiri. Jadi, inilah yang menjadi komitmen dan semangat dari Kementerian ATR/BPN,” ungkapnya.

Langkah ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Dengan adanya Starlink, wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau oleh layanan internet konvensional dapat terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi, membuka peluang baru bagi pendidikan, kesehatan, dan bisnis.

AHY menegaskan bahwa komitmen pemerintah tidak hanya untuk investor besar seperti Elon Musk, tetapi juga untuk memastikan bahwa masyarakat lokal mendapat manfaat maksimal dari investasi yang masuk. “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Indonesia, terutama yang berada di daerah terpencil, juga mendapatkan akses yang sama terhadap teknologi dan layanan modern. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

Dengan dukungan hukum dan administrasi yang jelas dan tegas, diharapkan semakin banyak investor global yang tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Ini akan membantu mempercepat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!