Sabtu, 22 Juni, 2024

Menteri ATR AHY Kenakan Pakaian Adat Melayu Pekanbaru di Upacara Harlah Pancasila

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri Upacara Hari Lahir )Harlah) Pancasila tahun 2024 yang bertema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Garuda Blok Rokan Kota Dumai, Riau.

“Pagi ini saya senang sekali bisa mengikuti jalannya upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi berlokasi di Dumai, Provinsi Riau. Tadi sama-sama kita ikuti dengan khidmat dan tentunya ini semangat mempersatukan bangsa, kita tahu Pancasila sebagai dasar negara, sebagai way of life bagi generasi penerus bangsa kita,” kata AHY dalam keterangan yang diterima, Sabtu (1/6).

Dalam kesempatan tersebut, AHY hadir dalam Harlah Pancasila mengenakan pakaian Adat Melayu Pekanbaru berbahan tenun asli, lengkap mulai dari teluk belanga (topi), baju kerah cekak musang, kain samping, bengkung (tali pinggang), selempang (selendang), keris, dan tanjak. Dengan warna dasar biru dan corak kuning keemasan yang melambangkan arti kejayaan.

Diketahui, penunjukan Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 itu sebagai simbol ketahanan energi RI. Dalam kesempatan ini, AHY juga menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadi kita berharap Pancasila bukan hanya diperingati dan tidak boleh dikultuskan tetapi harus dijiwai dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Baik kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara. Jadi kita berharap Indonesia semakin maju dan makmur di masa depan, karena selalu berpijak baik itu pemerintahannya, maupun kehidupan sehari-harinya pada sila-sila Pancasila,” ucap AHY.

Lebih lanjut, AHY juga meminta Kementerian ATR/BPN dimanapun berada harus selalu berpedoman, berpegang teguh pada Pancasila karena itu sebagai guidance yang membawa kita bukan hanya bersatu sebagai bangsa yang semakin maju, semakin makmur, dan sejahtera negara dan rakyat kita.

Dalam upacara ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas sebagai pembaca Pancasila, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti sebagai pembaca UUD 1945 serta Ketua Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Sederet menteri dan pejabat yang hadir yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendagri Tito Karnavian, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!