Senin, 24 Juni, 2024

Menteri AHY Pekan Depan Kunjungi IKN

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kan berangkat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pekan depan.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni terkaid jadwal kunjungan kerja AHY dalam waktu dekat.

Juli mengatakan kesempatan itu akan dimanfaatkan AHY untuk memeriksa pengadaan tanah di IKN. Hal ini sejalan dengan perintah Presiden Jokowi kepada Kementerian ATR untuk turut serta merampungkan IKN.

“Minggu depan juga waktu yang ditentukan mas AHY untuk mengunjungi IKN sekaligus mengecek beberapa pekerjaan ATR/BPN,” kata Juli saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (23/2).

Sebelum ke IKN, AHY akan terlebih dahulu menghadiri peresmian gerai sertifikat elektronik di Bali. Sebab itu, Juli pun mengakui belum ada jadwal AHY untuk mengunjungi sejumlah kantor Kementerian ATR/BPN yang ada di Jakarta.

Kemudian, Juli menjelaskan AHY akan menjadi pimpinan rapat koordinasi pemberantasan mafia bersama sejumlah lembaga pihak terkait, mulai dari kepolisian hingga mahkamah agung. Pada kesempatan itu, mereka akan membahas serta mengidentifikasi kasus-kasus mafia tanah terbesar.

Rakor ini akan berlangsung selama empat hari tersebut, dari tanggal 1-4 Maret 2024. Namun, dia belum membeberkan lebih lanjut mengenai lokasinya.

“Tanggal 1-4 ada rapat koordinasi pemberantasan mafia tanah. Pasti, beliau yang memimpin. Insyaallah bisa tuntaskan tahun ini,” jelasnya.

Kemudian dua hari setelahnya, AHY akan bertemu dengan pejabat kantor pertanahan dan kantor wilayah se-Indonesia. Pertemuan itu diagendakan hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar di Jakarta, 6 Maret 2024.

Juli menilai kesempatan ini menjadi peluang bagi AHY untuk berkenalan secara langsung oleh seluruh pejabat Kementerian ATR/BPN se-Indonesia, baik dari pusat hingga daerah. AHY juga dapat memberikan arahan kepada jajarannya terkait prioritas pekerjaan yang harus dikerjakan selama sisa jabatannya, termasuk dalam 100 hari ke depan.

“Sekaligus tanggal enam (Maret) kita akan menghadirkan rakernas, mengundang seluruh 1009 kantah dan 33 kanwil untuk bergabung bersama. Forum yang baik untuk Mas AHY untuk perkenalkan diri,” lanjutnya.

Selanjutnya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan menyerahkan kembali sebanyak empat sertifikat tanah kepada Nirina Zubir. Sertifikat ini nantinya diberikan oleh AHY sebagai Menteri ATR/BPN.

Juli bilang penyerahan sertifikat itu akan dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, saat ini masih dalam proses pembahasan bersama kantor pertanahan (kantah) dan juga kantor wilayah (kanwil) Jakarta Barat.

“Kemarin Pak Sekretaris Jenderal sudah mengumpul juga untuk berkoordinasi dengan kanwil dan kantah. Mudah mudahan dalam waktu dekat Mas Menteri (AHY) bisa menyerahkan 4 sertifikat lagi,” imbuhnya.

Juli menegaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk memberantas mafia tanah. Pasalnya, hal itu telah menjadi salah satu tugas kementerian yang dinaunginya sekaligus amanat dari Presiden Joko Widodo.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!