Minggu, 23 Juni, 2024

Menteri AHY Tingkatkan Layanan Pertanahan Lewat Program Pelataran

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meninjau pelaksanaan Pelayanan Tanah Akhir Pekan atau yang dikenal dengan Pelataran.

Hal tersebut Ia lakukan saat mengunjungi Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung pada Minggu (09/06).

“Dengan dibukanya loket-loket di akhir pekan, Sabtu maupun Minggu ini memberikan kesempatan kepada warga yang tidak bisa mengurus tanah di hari-hari kerja karena memang Senin sampai Jumatnya bekerja. Inilah bentuk dari kepedulian dan kehadiran pemerintah dan negara untuk masyarakat dalam urusan pertanahan,” kata Menteri AHY.

Dia menjelaskan, Pelataran menjadi bukti konkret komitmen Kementerian ATR/BPN dalam memudahkan masyarakat mengurus administrasi pertanahan. Sebagai catatan, Pelataran merupakan layanan yang diperuntukkan bagi pengurusan yang tidak dikuasakan. Kabupaten Bandung sendiri menjadi salah satu dari 107 Kantor Pertanahan yang menjalankan pelayanan di akhir pekan.

“Jadi ini yang membedakan adalah dengan dibukanya layanan Sabtu-Minggu ini masyarakat bisa datang langsung, sehingga tidak perlu lagi diwakilkan oleh siapa pun. Ini yang terus kami galakkan pelayanan BPN itu harus semakin profesional, semakin humanis, tapi juga harus lebih cepat dan mudah, dengan demikian masyarakat lebih terlayani dengan baik,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Rahmat, menyatakan Pelataran ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Sebab, dengan wilayah yang luas dan penduduk yang banyak, Pelataran mengefisienkan pelayanan untuk masyarakat.

“Ini penting karena Kabupaten Bandung termasuk kabupaten yang besar di Jawa Barat. Jadi ada satu juta lebih bidang tanah, dengan jumlah penduduk yang besar, permohonan yang masuk ke Kantor Pertanahan dalam satu bulan bisa 3.000-5.000 kunjungan, termasuk permohonan yang diajukan masyarakat. Jadi ini sangat signifikan kalau buka dua hari tambahan,” kata Rahmat.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat beserta jajaran. Hadir dalam kesempatan ini, Anggota Komisi X DPR RI, Dede Yusuf, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung.

AHY berharap program Pelataran ini dapat terus berjalan dan berkembang, sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan pertanahan dapat merasakan kemudahan dan kepastian hukum. “Kita ingin memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses yang sama untuk mengurus administrasi pertanahan, tanpa terhalang oleh keterbatasan waktu dan birokrasi,” ungkapnya.

Melalui program ini, pemerintah berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengurusan pertanahan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengurus administrasi pertanahan dan mendapatkan kepastian hukum atas kepemilikan tanah mereka.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!