Wapres Makruf Amin Laporkan Kasus Penyerobotan Lahan Warga, Menteri AHY: Kementerian ATR Berpihak dan Membela Rakyat Kecil

menetri AHY bertemu wapres

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan laporan dari Wapres Ma’ruf Amin mengenai lahan warga yang diserobot pengembang.

Hal ini Menteri AHY sampaikan usai bertemu secara tertutup selama kurang lebih satu jam dengan Ma’ruf Amin di Rumah Dinas Wapres, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/2).

“Saya catat secara langsung, beberapa saat lalu ada warga yang melaporkan mengadu kepada Wapes tentang tanahnya yang diserobot orang lain, diserobot oleh pengembang dan akhirnya nasibnya tidak menentu, kasihan, padahal ini rakyat kecil,” kata AHY.

AHY tak merinci di mana sengketa lahan itu terjadi. Ma’ruf, lanjutnya, memberikan masukan bahwa masih banyak permasalahan soal agraria yang dihadapi masyarakat di berbagai daerah.

“Jadi di sinilah yang menjadi tantangan terbesar bagi Kementerian ATR bagaiamana kami bisa secara utuh tentu bukan juga terburu-buru, gegabah tapi secara utuh melihat permasalahan sengketa,” kata dia.

AHY menegaskan Kementerian ATR akan berpihak kepada rakyat kecil yang berhadapan dengan mafia tanah. Ia mencontohkan masih banyak kelompok rentan, seperti masyarakat miskin hingga pensiunan yang dipermainkan oleh sengketa pertanahan.

“Kalau ada rakyat berhadapan dengan mafia tanah, sudah pasti Kementerian ATR akan berpihak pada rakyat akan membela rakyat kecil, jangan sampai hak mereka diinjak,” kata dia.

“Saya sendiri sudah merencanakan berkomunikasi langsung dengan Menko Ekonomi, Pak Airlangga dalam waktu dekat akan bertemu. Karena beliau sebagai koordinator bidang ATR juga termasuk juga dengan menteri-menteri lainnya,” tambahnya.

Selain berpesan mengenai masalah agraria dan tata ruang, Wapres juga menyampaikan harapannya kepada generasi muda, khususnya yang bergabung dalam pemerintahan agar terus melanjutkan program-program yang berpihak pada rakyat kecil.

“Saya mendapatkan wejangan, bahwa ada harapan besar dari Bapak Wapres, beliau mengatakan, saya [Wapres] sebentar lagi berusia 81 tahun, ada harapan besar bagi generasi penerus, ya kita-kita semua ini, untuk bisa melanjutkan apa yang sudah baik sekaligus juga terus melakukan evaluasi apa saja yang bisa kita terus tingkatkan,” ungkap AHY dalam keterangan persnya seusai pertemuan.

Salah satunya, lanjut AHY, terkait program pengentasan kemiskinan. Menurutnya, Wapres berpesan agar pemerintahan ke depan terus fokus bagaimana membuat masyarakat semakin sejahtera.

“Bagaimana masyarakat kita ke depan tidak terlalu bersandar pada bantuan-bantuan pemerintah secara langsung, tapi punya kemandirian karena punya pekerjaan yang layak, termasuk punya kewirausahaan sehingga bisa menjalankan usahanya, khususnya UMKM dengan baik dan punya profit yang juga layak,” terangnya.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!