Tak Hanya sebagai Pusat Pemerintahan, AHY: IKN Menjadi Pusat Kebudayaan dan Peradaban

AHY menyebut IKN tak hanya sekedar pusat pemerintahan tapi pusat kebudayaan

Tajukpolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) tak hanya sekedar pusat pemerintahan, tapi juga pusat kebudayaan dan peradaban.

Hal ini ia sampaikan dalam unggahan video di akun instagram pribadinya @agusyudhoyono, Jumat (1/3).

Dalam unggahannya, AHY membagikan pengalamannya berolahraga lari di IKN. Dia juga mengomentari perkembangan pembangunan IKN yang terus berlangsung.

Dari video tersebut, terlihat AHY mengenakan pakaian loreng hijau khas TNI. Dia sempat berhenti sejenak di puncak sebuah bukit yang menawarkan pemandangan indah kota IKN.

“Selamat pagi dari IKN 1 Maret, Ibu Kota Nusantara, saat ini saya sedang berada di sebuah bukit yang bisa melihat secara luas pemandangan yang begitu indah,” ujar AHY.

“Kalau lihat di sana itu adalah kawasan inti pusat pemerintahan yang sedang dibangun, nanti disana ada Istana Kepresidenan, ada lapangan upacara untuk 17 Agustusan, lau ada kompleks perkantoran termasuk untuk para menteri,” tambah AHY.

AHY mengatakan IKN akan dibangun secara bertahap. Dia menegaskan IKN tidak hanya sebagai pusat pemerintahan, tapi juga pusat ekonomi, pusat kebudayaan, pusat pendidikan, dan semua yang menjadi simbol Indonesia semakin maju, Indonesia Emas 2045.

AHY juga menyatakan udara di IKN sangat sejuk ketika dia berlari pagi. Dia juga menikmati keindahan bukit-bukit yang hijau.

“Yang jelas kita sangat senang dan berbangga jika pada akhirnya Indonesia memiliki sebuah pusat kebudayaan dan pusat peradaban yang juga tinggi karena visi dari Presiden Joko Widodo dan kita semua pemerintah adalah menghadirkan sebuah Ibu Kota yang hadirkan karakteristik yang cerdas, smart city, dan forest city, karena bukan hanya nanti cerdas, tapi juga sangat ramah lingkungan,” jelas AHY.

“Kita ingin menghadirkan sebuah kehidupan yang benar-benar di tengah hutan, di tengah-tengah sebuah ekosistem yang harus kita jaga, kita rawat, kita lestarikan, kata kuncinya adalah sustainability,” tegasnya.

Sudah waktunya Indonesia juga mengutamakan energi baru terbarukan, mengapa? Karena kita harus bersama-sama menjadi warga dunia yang bertanggung jawab untuk bisa mengatasi krisis iklim, perubahan cuaca yang ekstrem yang membuat bumi kita semakin kering dan juga banyak masalahnya,” sambung AHY.

Dia pun memastikan pihaknya akan mendukung sepenuhnya pembangunan IKN. Menurutnya, ini memang membutuhkan waktu, tapi pembangunan IKN selalu berprogres.

Pembangunan IKN membutuhkan proses, namun menurut AHY juga harus memiliki progres, memiliki kemajuan dan tahapan yang selama ini menurut AHY dinilai luar biasa karena pembangunan ini di tengah recovery dari pandemi yang membutuhkan dededikasi dan komitmen yang tinggi.

“Ini luar biasa karena harus diorekstrasi dengan baik. Kita semua harus mendoakan dan beri support terbaik agar IKN bisa terwujud dengan baik. Kita lanjut lagi olahraganya sambil mencari keringat, terima kasih,” tutup AHY.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!