Selasa, 18 Juni, 2024

Menteri AHY Pilih Penerbangan Ekonomi untuk Dampingi Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Padang

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang di Riau.

Dalam akun twitternya, Menteri AHY tampak tak segan menggunakan penerbangan kelas ekonomi dengan kursi tiga dalam maskapai pesawat Citilink. Hal ini terlihat dalam cuplikan video yang diunggahnya.

“Pagi ini berangkat ke Pekanbaru untuk menghadiri sejumlah agenda bersama Presiden @jokowi dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Sampai jumpa teman-teman di sana ya,” tulis Menteri AHY dalam akun twitternya, dikutip Jumat (31/5/2024).

Melalui cuitannya itu, Menteri AHY menyebutkan Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dan 10 ruas Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Dia meyakini, peresmian jalan tol dan 10 ruas jalan inpres itu bisa meningkatkan konektivitas angkutan massa dan barang yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

“Saya ucapkan selamat kepada para pekerja yang telah bekerja keras dalam membangun infrastruktur ini. Insya Allah Indonesia akan semakin maju, sejahtera dan berdaya saing,” katanya.

Terpisah, Presiden Jokowi mengungkapkan, pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan untuk tahap I, yaitu Bangkinang ke Koto Kampar, menelan anggaran hingga Rp4,8 triliun. Jalan tol dengan panjang 24,7 kilometer itu dibangun sejak tahun 2019 sampai 2024.

Presiden berharap, pembangunan jalan tol ini dapat terus berlanjut hingga tersambung dari Pekanbaru ke Kota Padang.

“Saya hanya titip kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata, sehingga betul-betul riil ada manfaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah, dan juga mobilitas orang, mobilitas barang itu betul-betul bisa lebih cepat lagi, sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” ungkap Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga meresmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau. Ia menjelaskan, pelaksanaan IJD tersebut mencakup pembangunan dan perbaikan sepuluh ruas jalan sepanjang 63 kilometer dengan total biaya Rp369 miliar.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau,” pungkasnya.

AHY menyatakan bahwa perjalanan dengan penerbangan kelas ekonomi ini merupakan bentuk komitmen untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan contoh bahwa pejabat negara juga bisa merasakan pengalaman yang sama dengan rakyat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan mendorong transparansi serta kesederhanaan dalam birokrasi.

Dengan kepastian hukum terkait kepemilikan tanah dan pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan, AHY optimis bahwa Indonesia, khususnya wilayah Riau, akan semakin berkembang dan mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia. Keberadaan jalan tol dan jalan daerah yang memadai juga akan membuka peluang investasi yang lebih besar, memberikan manfaat ekonomi yang signifikan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!