Menteri AHY: Hari Lahir Pancasila sebagai Momentum Memperkuat Implementasi Nilai Luhur

AHY hadiri upacara hari lahir pancasila

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan bahwa Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni adalah momentum penting untuk memperkuat implementasi nilai-nilai luhur dasar negara sebagai pedoman.

“Kita berharap Pancasila bukan hanya diperingati, dan tidak boleh diputuskan, tetapi harus dijiwai dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik kehidupan masyarakat, berbangsa, maupun bernegara,” kata AHY usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, Provinsi Riau, Sabtu.

AHY menekankan bahwa Pancasila harus dimaknai sebagai panduan hidup atau way of life bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Melalui pemahaman dan penerapan Pancasila sebagai pedoman, Indonesia diharapkan dapat terus maju dan makmur. “Pancasila sebagai dasar negara bukan hanya sekadar simbol, tetapi harus menjadi dasar dalam setiap langkah dan kebijakan yang diambil, baik oleh pemerintah maupun oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Ia juga menyoroti pentingnya lembaga yang dipimpinnya, Kementerian ATR/BPN, untuk menerapkan nilai-nilai filsafat dari setiap sila dalam Pancasila ketika melayani masyarakat. “Kementerian ATR/BPN, di manapun berada harus selalu berpedoman, berpegang teguh pada Pancasila karena itu sebagai guiding principle kita, yang membuat kita bukan hanya bersatu sebagai bangsa tapi juga InsyaAllah semakin maju, semakin makmur dan sejahtera,” kata AHY.

Baca juga: Presiden minta sosialisasi Pancasila dilakukan dengan cara kekinian

Selain itu, AHY mengingatkan bahwa Kementerian ATR/BPN memiliki layanan bantuan hotline pengaduan mafia tanah di nomor 081110680000. “Masyarakat yang memiliki permasalahan terkait mafia tanah bisa menghubungi nomor tersebut atau langsung datang ke Kantor Pertanahan (Kantah) yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air,” jelasnya. AHY memastikan bahwa pihak ATR/BPN akan merespons pengaduan itu secara tanggap dan efektif sebagai komitmen dalam pemberantasan mafia tanah di Indonesia.

Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, AHY berharap agar seluruh lapisan masyarakat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Jadi kita berharap Pancasila bukan hanya diperingati, dan tidak boleh dikultuskan tetapi harus dijiwai dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara. Jadi kita berharap Indonesia semakin maju dan makmur di masa depan, karena selalu berpijak baik itu pemerintahannya, maupun kehidupan sehari-harinya pada sila-sila Pancasila,” ucap AHY.

Pada kesempatan tersebut, AHY juga menyampaikan bahwa pemahaman yang mendalam terhadap Pancasila sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Pancasila adalah perekat bangsa, yang harus selalu kita pegang teguh dalam setiap aspek kehidupan,” tutup AHY.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!