Selasa, 18 Juni, 2024

AHY Serahkan Sertipikat Tanah Hasil Konsolidasi kepada Warga Pekanbaru

TajukPolitik – Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), telah menyerahkan 20 sertipikat tanah hasil program Konsolidasi Tanah kepada warga di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kota Pekanbaru.

Program ini dijalankan sebagai bagian dari upaya mendukung pembangunan badan jalan lingkar luar (outer ring road) Pekanbaru, yang merupakan salah satu prioritas pengembangan kota.

Di hadapan para penerima sertipikat, AHY menjelaskan bahwa akses jalan sangat penting bagi sebuah daerah untuk memudahkan transportasi bagi masyarakat, barang, dan jasa.

“Padahal, kalau tanah ada jalannya, ada aksesnya, pasti punya nilai ekonomi yang jauh lebih baik. Terbukti ini belum jadi saja sudah diprediksi bahwa harga tanah akan meningkat,” kata AHY dalam keterangan tertulis Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Sabtu (1/6).

Program Konsolidasi Tanah di kawasan tersebut telah berhasil menata 76 bidang tanah dengan total luas 54,54 hektare. Selain untuk pembangunan ruas jalan, program ini juga mencakup pembangunan fasilitas umum seperti rumah ibadah, sekolah, dan lapangan olahraga.

AHY mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah dengan sukarela memberikan sebagian tanahnya untuk pembangunan di wilayah tersebut. “Di sini, yang jelas, terima kasih karena masyarakat, Bapak/Ibu sekalian telah sukarela menyerahkan sebagian tanahnya untuk dikelola, dikonsolidasikan, dan kemudian dijadikan ruas jalan,” ucapnya.

Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Embun Sari, juga menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat yang secara sukarela memberikan tanah mereka. “Akses jalan terbantu, kemudian nilai tanahnya jadi lebih dua kali lipat,” ujar Embun.

Rendy Yusuf (43), salah satu penerima sertifikat, mengungkapkan bahwa dia rela memberikan sebagian tanahnya untuk pembangunan ruas jalan. Dia menyatakan bahwa kesediaannya ini juga merupakan bentuk kepeduliannya kepada sesama warga yang tinggal di Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

“Selama digunakan untuk pembangunan, untuk yang terbaik bagi masyarakat, saya ikhlas. Tidak apa-apa, yang penting dibangun untuk bersama,” pungkas Rendy.

Dengan adanya program Konsolidasi Tanah ini, diharapkan peningkatan akses jalan dan pembangunan fasilitas umum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pekanbaru. AHY berharap langkah ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia untuk mengimplementasikan program serupa demi kesejahteraan masyarakat yang lebih merata.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!