Selasa, 18 Juni, 2024

AHY Harap Penyelenggaraan World Water Forum Beri Solusi Pengelolaan Air Global

TajukPolitik – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengharapkan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali bisa menciptakan ruang solusi dalam pengelolaan air global.

“Selama beberapa hari ke depan akan digelar sebuah pertemuan tingkat tinggi (World Water Forum, Red), dan kita berharap hasil forum ini bisa signifikan, bisa dijadikan referensi bagi pemerintah-pemerintah negara lain untuk mencari solusi,” kata AHY, di Tangerang, Banten, Ahad, 19 Mei 2024.

Menurut AHY, sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10, Indonesia berperan penting dalam menyediakan platform bagi para pemangku kepentingan untuk membahas berbagai isu terkait pengelolaan air, baik tingkat lokal maupun global. Selain itu, event skala internasional ini juga dinilai dapat menciptakan solusi dan referensi bagi negara-negara lain untuk mewujudkan keamanan sumber daya air.

Ia berharap melalui World Water Forum Tahun 2024 ini dapat terciptanya komitmen global yang lebih kuat dalam mengatasi tantangan pengelolaan sumber daya air. Selain itu, ia berharap agenda ini dapat mendorong aksi lebih efektif dan berkelanjutan, serta memperkuat kerja sama antarpemerintah peserta WWF tersebut.

“Kita tahu bahwa banyak kawasan dunia yang mengalami kelangkaan sumber air, sedangkan manusia populasinya terus bertambah. Kebutuhan industri juga bertambah, sedangkan air makin lama, makin terbatas. Tentu untuk Indonesia berharap juga untuk keamanan air ini juga penting seperti halnya pangan, jadi satu paket yang sangat tidak terpisahkan,” ujar AHY.

World Water Forum merupakan forum internasional yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan di sektor sumber daya air, mulai dari pemerintah, parlemen, pemimpin politik, lembaga multilateral, politisi, akademisi, masyarakat sipil, pelaku usaha, dan lain sebagainya.

WWF ke-10 mengusung sub-tema utama yakni ketahanan dan kesejahteraan air, air untuk manusia dan alam, pengurangan dan pengelolaan risiko bencana, tata kelola, kerja sama, dan hidro-diplomasi, pembiayaan air berkelanjutan, dan pengetahuan serta inovasi. Untuk WWF ke-10 di Bali, tema besar yang dibahas adalah air untuk kesejahteraan bersama.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!