Pengakuan Spanyol, Norwegia dan Irlandia atas Kemerdekaan Palestina, Menlu RI: Mereka Berada di Sisi Sejarah yang Benar

Pengakuan Kemerdekaan Palestina

Tajukpolitik – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyambut positif langkah Norwegia, Spanyol, dan Irlandia yang secara resmi mengumumkan pengakuan terhadap negara Palestina.

Retno pun mengapresiasi langkah ketiga negara yang tergabung dalam Uni Eropa tersebut. Ia pun menyampaikan apresiasinya atas keputusan penting tersebut.

“Indonesia menyambut positif keputusan tiga negara tersebut. Mereka telah berani memilih untuk berada di sisi sejarah yang benar,” ujar Retno, Jumat (24/5).

Retno juga mengungkapkan harapannya bahwa lebih banyak negara Eropa akan mengikuti jejak Norwegia, Spanyol, dan Irlandia dalam mengakui negara Palestina.

“Harapan kita akan lebih banyak negara Eropa yang akan mengikuti langkah tiga negara tersebut,” jelasnya.

Pengakuan resmi ini diumumkan oleh masing-masing pemimpin negara tersebut. Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, menyatakan bahwa kabinet Spanyol akan menyetujui pengakuan negara Palestina pada 28 Mei.

“Selasa depan, 28 Mei, kabinet Spanyol akan menyetujui pengakuan negara Palestina,” kata Sanchez di parlemen Spanyol pada Rabu (22/5).

Perdana Menteri Irlandia, Simon Harris, juga mengumumkan hal yang sama dalam sebuah pengumuman bersama dengan Oslo dan Madrid.

“Hari ini Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina,” ujar Harris.

“Ini adalah hari bersejarah dan penting bagi Irlandia dan Palestina,” tambahnya, seperti dilansir kantor berita AFP.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, mengadakan konferensi pers pada Rabu (22/5) pukul 8:30 pagi waktu setempat untuk menyampaikan pengakuan resmi ini.

Store mengumumkan bahwa Norwegia akan memberikan pengakuan resmi kepada negara Palestina pada 28 Mei mendatang.

Langkah pengakuan ini merupakan momen penting dalam upaya internasional untuk mendukung hak-hak Palestina.

Keputusan ini diharapkan akan mendorong negara-negara lain, khususnya di Eropa, untuk mengikuti jejak Norwegia, Spanyol, dan Irlandia dalam mengakui negara Palestina secara resmi.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!