Kilang Minyak Pertamina Kembali Meledak, Pengamat: Nicke dan Ahok Harus Bertanggungjawab

Ahok dan Nicke Widyawati harus ikut bertanggungjawab atas Kilang minyak Pertamina kembali terbakar

Tajukpolitik РKilang minyak milik PT Pertamina (Persero) kembali meledak. Setelah belum lama ini di meledak di Plumpang, Jakarta Utara, kali ini kilang minyak di Dumai, Riau terbakar, Sabtu (1/4).

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan (PRPHKI), Saiful Anam, menegatakan rententan kebakaran yang terjadi merupakan tanda ada masalah serius dalam pengelolaan perusahaan pelat merah itu, khususnya di bawah duet Direktur Utama (Dirut) Nicke Widyawati dan Komisaris Utama (Komut) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Saiful mencatat selama Pertamina dipimpin duet Ahok dan Nick, selama 2 tahun telah terjadi 7 ledakan kilang.

Menurutnya, ledakan ini serius karena terjadi tidak lama setelah ledakan kilang minyak Plumpang, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Saiful meminta Menteri BUMN, Erick Thohir untuk segera melakukan pembenahan menyeluruh atas fenomena kebakaran kilang tersebut.

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini menilai kejadian tersebut harus dilihat siapa pimpinan dalam mengelola Pertamina. Untuk itu, direksi dan komisaris harus ikut bertanggung jawab.

“Nicke dan Ahok harus bertanggung jawab atas kejadian ini. Saya kira ini buah kepemimpinan yang tidak beres, sehingga terjadilah berulangkali kebakaran. Jika manajemennya dipantau dengan serius, saya kira tidak akan terjadi kebakaran yang beruntun,” tegas Saiful, Minggu (2/4).

Untuk diketahui, belum sebulan Depo Plumpang terbakar (3 Maret), giliran kilang Pertamina di Dumai, Riau, meledak, Sabtu malam (1/4).

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!