Senin, 24 Juni, 2024

Cedera Tak Kunjung Sembuh, Kevin Sanjaya Umumkan Gantung Raket

Tajukpolitik – Pemain ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, resmi mengumumkan gantung raket atau pensiun dari dunia bulu tangkis.

Pengumuman ini disampaikan Kevin melalui unggahan di akun Instagram resminya pada Kamis, 16 Mei 2024.

Keputusan ini muncul tak lama setelah Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Ricky Soebagdja, mengumumkan bahwa Kevin pamit dari pelatnas.

Dalam unggahannya, Kevin menceritakan kebahagiaannya saat terjun ke dunia bulu tangkis dan perjalanan karier profesionalnya bersama rekannya, Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus sendiri sudah lebih dahulu mengumumkan pensiun pada Maret lalu. Kevin memulai karier bulu tangkisnya pada usia 5 tahun dan pada usia 12 tahun, ia merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita sebagai atlet nasional.

Pada tahun 2013, Kevin mendapat kesempatan bergabung dengan PBSI di Jakarta dan dipasangkan dengan berbagai atlet. Puncak kariernya tercapai saat berpasangan dengan Marcus, dimana mereka dikenal sebagai “The Minions”.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus Fernaldi Gideon sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship,” ujar Kevin.

Namun, Kevin merasa waktunya di dunia bulu tangkis sudah cukup. Keputusan untuk pensiun ini diambil setelah diskusi panjang dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan berbagai faktor.

Cedera bahu yang tak kunjung membaik sejak 2017 dan cedera partnernya menjadi alasan utama. Kevin juga menyebutkan bahwa meskipun mendapat partner baru, kombinasi mereka tidak sesuai harapannya karena keduanya sama-sama pemain depan.

Kevin juga berdiskusi dengan pengurus PBSI mengenai langkah ke depan di dunia bulu tangkis. Namun, jawaban yang didapat tidak sesuai harapannya, sehingga pada akhir Februari 2024, ia memutuskan untuk gantung raket atau berhenti dari dunia bulu tangkis.

“Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” tegas Kevin.

Pemain ganda putra yang menduduki peringkat satu dunia terlama ini mengucapkan terima kasih kepada para pendukung dan semua orang yang telah mendoakan kariernya.

“Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini,” kata Kevin.

“Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, pamit,” tutupnya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -spot_img
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!