Selasa, 18 Juni, 2024

Ada 146 Negara akui Negara Palestina, Terbaru Tiga Negara dari Eropa

Tajukpolitik – Spanyol, Norwegia dan Irlandia merupakan tiga negara eropa yang akan segera mengakui kemerdekaan Palestina dan mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Negara Palestina adalah negara berdaulat yang diakui sebagian, mirip dengan Kosovo dan Taiwan, yang saat ini diklasifikasikan sebagai “negara pengamat non-anggota” oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Pada April 2022, Palestina 138 dari 193 anggota PBB (dan satu pengamat) telah mengakui Palestina.

Sebagai catatan, secara geografis, Palestina berada terletak di Timur Tengah Mediterania dan terdiri dari dua wilayah yang tidak bersebelahan: Tepi Barat dan Jalur Gaza. Wilayah-wilayah ini dipisahkan oleh Israel, negara lain yang diakui secara parsial.

Palestina dan Israel adalah dua pemain utama dalam konflik Israel-Palestina, sebuah perselisihan politik dan militer yang menyebabkan baik orang Yahudi Palestina maupun orang Arab/Muslim Israel mengklaim wilayah yang sama, khususnya kota Yerusalem yang dianggap suci oleh kedua agama.

Kendati kedua negara tersebut saat ini sedang terjebak dalam permasalahan politik yang kompleks, dan terkadang mengalami kebuntuan yang disertai kekerasan, Palestina terus mencari pengakuan formal dari sejumlah negara anggota PBB sehingga negara tersebut juga dapat memperoleh status anggota penuh PBB.

Tiga Negara Eropa Resmi Akui Negara Palestina yang Merdeka

Perdana Menteri (PM) Norwegia, Spanyol, dan Irlandia menegaskan pada Rabu (22/5/2024) bahwa Palestina merupakan negara yang merdeka.
Keputusan ini diharapkan dapat menghasilkan resolusi damai atas konflik yang telah berkecamuk selama lebih dari 75 tahun
PM Norwegia Jonas Gahr Store memberi penguman di Oslo. Ia berujar pengakuan resmi akan terbit 28 Mei.
“Pengakuan terhadap Palestina adalah cara untuk mendukung kekuatan moderat yang telah kehilangan kekuatan dalam konflik yang berkepanjangan dan brutal ini,” tambahnya.
“Hal ini pada akhirnya memungkinkan dilanjutkannya proses menuju pencapaian solusi dua negara,” tegasnya.
PM Spanyol Pedro Sanchez berujar di Madrid. Ia juga menegaskan 28 Mei sebagai hari pengakuan resmi.
“Selasa depan, 28 Mei, kabinet Spanyol akan menyetujui pengakuan negara Palestina,” ujarnya seraya mengkritik PM Israel Benjamin Netanyahu yang katanya bisa menempatkan “solusi dua negara dalam bahaya dengan kebijakannya yang menimbulkan rasa sakit dan kehancuran di Jalur Gaza”.

Sementara itu PM Irlandia Simon Harris memberi keterangan di Dublin. Menurutnya Irlandia memuji hari ini, menyebut pengakuan Palestina sebagai “hari bersejarah dan penting bagi Irlandia dan Palestina”.

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru
- Advertisement -
Berita Lainnya
Rekomendasi Untuk Anda
- Advertisement -

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!